investasi reksadana

Reksadana merupakan salah satu produk penanaman modal yang saat ini banyak peminatnya. Disisi lain, investasi reksadana juga merupakan sebuah produk penanaman modal dengan tingkat risiko rendah yang cocok untuk berbagai kalangan. Namun meski begitu, Anda tidak boleh langsung terjun tanpa memiliki wawasan apapun.

Bagi para pemula yang baru berencana untuk menanamkan modal melalui investasi reksadana, berikut ini kami akan coba menjelaskan beberapa tips bermanfaat agar Anda bisa mendapatkan untung yang cukup besar dari produk investasi yang satu ini.

investasi reksadana

1.   Memilih Modal yang Ideal

Modal merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Kenapa demikian? Karena semakin besar modal yang Anda investasikan, maka akan semakin besar juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, Anda tidak perlu memaksakan diri menginvestasikan uang yang besar jika belum memilikinya.

Meski begitu, investasi reksadana saat ini bisa Anda mulai dengan modal ratusan ribu rupiah saja. Silahkan Anda sesuaikan saja dengan kemampuan finansial yang Anda miliki.

2.   Memilih Lembaga Keuangan Terpercaya

Selanjutnya pastikan Anda memilih lembaga keuangan yang sudah memiliki kredibilitas yang terjamin. Salah satunya yaitu lembaga keuangan yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dengan memilih lembaga yang terpercaya maka Anda bisa berinvestasi secara aman dan juga nyaman. Pasalnya, lembaga keuangan yang sudah terdaftar akan mengikuti regulasi dan juga diawasi oleh OJK.

3.   Memilih Jangka Waktu Investasi yang Ideal

Setiap orang atau investor memiliki waktu atau jangka investasi yang berbeda. Ada tiga karakter jangka waktu investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari jangka pendek satu tahunan, jangka menengah hingga jangka panjang.

Jangka waktu juga mempengaruhi keuntungan investasi Anda. Untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, Anda bisa memilih jangka waktu yang panjang. Selain jangka waktu panjang, Anda juga bisa memilih jangka menengah saja.

4.   Cek Laporan Setiap Saat

Reksadana adalah jenis investasi dimana Anda tidak perlu memantau maupun menjalankannya sendiri. Hal ini karena investasi yang Anda beli akan dijalankan oleh manajer investasi yang berpengalaman dan profesional.

Meskipun dijalankan oleh manajer investasi, Anda tetap bisa memantaunya melalui laporan yang diberikan setiap bulannya atau bahkan setiap minggunya oleh manajer terkait. Anda harus mengeceknya setiap saat.

Bagaimana Cara Membeli Reksadana?

Saat ini tidak sulit untuk membeli reksadana. Bahkan pembeliannya bisa Anda lakukan secara daring, salah satunya melalui aplikasi SimobiPlus yang merupakan aplikasi m-banking dari Bank Sinarmas. Di sini Anda bisa langsung berinvestasi.

Untuk membelinya, silahkan Anda install terlebih dahulu aplikasinya yang saat ini sudah tersedia di Google Play Store, maupun di App Store. Silahkan Anda pilih salah satunya sesuai dengan HP yang Anda gunakan.

Proses pembelian reksadana di sini bisa langsung menggunakan saldo dari rekening Bank Sinarmas yang Anda miliki. Jadi pastikan Anda sudah menjadi nasabah resminya, dan juga sudah mengisi saldo untuk membeli produk investasi tersebut secara online melalui aplikasi m-banking.

Kesimpulan

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untuk para pemula dan juga cocok untuk Anda yang saat ini baru terjun di dunia investasi. Dengan tips di atas, sedikit banyaknya Anda bisa mendapatkan produk investasi yang menguntungkan dan tentunya aman.

Investasi reksadana merupakan investasi yang memiliki tingkat risiko rendah. Selain itu, saat ini tidak sulit untuk mendapatkan atau membeli produk investasi ini karena sudah bisa Anda beli secara online.