Sakit saat menstruasi
Sakit saat menstruasi

Rasa sakit saat menstruasi tentunya menjadi hal yang umum bagi setiap wanita. Rasa sakit yang sering terjadi biasanya  pada bagian perut ataupun bagian bawah perut. Rasa sakit yang normal biasanya terjadi karena adanya hormone yang tidak seimbang pada saat akan memasuki fase menstruasi. Tapi rasa sakit juga ada yang tidak wajar seperti kram pada perut yang berlebih.

Hal yang menyebabkan rasa sakit saat menstruasi terjadi akibat adanya hormone prostaglandin yang dapat membuat kram pada perut. Untuk mengurangi kram pada perut alangkah baiknya kita melakukan olahraga ringan. Dengan olahraga ringan kita dapat mengurangi hormon prostaglandin sehingga rasa sakit pun akan berkurang.

Selanjutnya adalah dengan melakukan kompresan pada bagian perut yang terasa nyeri dengan menggunakan air hangat. Dengan mengompres perut biasanya akan dapat menghilangkan rasa sakit, hal ini juga tidak menimbulkan efek samping apapun sehingga aman untuk dilakukan. Rasa sakit saat menstruasi pun dapat dipengaruhi oleh faktor stress, Maka sebisa mungkin hindarilah hal-hal yang dapat membuat anda merasa stress.

Image result for sakit saat menstruasi femometer

Begitu pula dengan makanan hal itu juga dapat berdampak pada rasa sakit, apabila pola makanan tidak teratur maka rasa sakit tidak dapat terelakkan. Untuk itu pola makanan juga harus diatur, buah dan sayur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dan juga makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih juga harus dihindari.

Jika dirumah terdapat orang yang merokok sebisa mungkin anda harus menghindari asap rokok karena hal itu sangat mempengaruhi rasa sakit pada perut. Kemudian, minum air putih secukupnya, ketika kita mengalami dehidrasi saat akan menstruasi hal itu dapat menyebabkan rasa sakit saat menstruasi sehingga agar tidak mengalami dehidrasi salah satu caranya adalah minum air putih secukupnya.

Ketika rasa sakit saat menstruasi mulai terasa ada baiknya anda tidak langsung meminum obat karena hal itu dapat membuat beberapa efek samping yang berbahaya. Apalagi jika obat tersebut tidak dengan konsultasi dari dokter. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi maka ada baiknya anda mencoba beberapa cara yang tadi disampaikan.

Hal tersebut memang sangat sederhana, tapi sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan tentunya tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Jika anda ingin mengetahui siklus menstruasi anda bisa menggunakan alat Femometer yaitu alat yang dapat memahami siklus menstruasi anda dengan baik dan tepat.