kalender kesuburan
kalender kesuburan

Menentukan Waktu Berhubungan yang Tepat dengan Kalender Kesuburan. Kalender Keseburan dapat membantu Anda menghitung masa ovulasi untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan agar program hamil Anda dapat segera terwujud. 

Kita berbicara tentang ‘masa subur’ hari-hari dalam siklus menstruasi wanita ketika kehamilan memungkinkan. ‘Jendela subur’ tergantung pada lamanya siklus menstruasi, yang bervariasi di antara wanita. Maka dari itu wanita perlu memahami penggunaan kalender kesuburan

‘Jendela subur’ adalah hari sel telur dilepaskan dari ovarium (ovulasi) dan lima hari sebelumnya. Berhubungan seks (intercourse) selama ini memberi Anda peluang terbaik untuk hamil.

Image result for Kalender Kesuburan femometer

Mengapa kita perlu menghitung masa subur dengan menggunakan kalender kesuburan?Karena telur dan sperma hanya hidup untuk waktu yang singkat:

  • Sperma hidup selama sekitar lima hari. 
  • Telur hanya dapat dibuahi selama sekitar 24 jam (satu hari) setelah dilepaskan dari ovarium. 
  • Telur dan sperma perlu berkumpul pada waktu yang tepat agar pembuahan terjadi untuk menciptakan embrio.

Bagaimana Menentukan Waktu Berhubungan yang Tepat dengan Kalender Kesuburan?

Ovulasi adalah ketika sel telur matang dilepaskan dari ovarium. Telur kemudian bergerak ke bawah saluran tuba di mana ia bisa dibuahi. Jika sperma berada di tuba falopi ketika sel telur dilepaskan, ada kemungkinan besar sel telur akan dibuahi, menciptakan embrio, yang dapat tumbuh menjadi bayi.

Kehamilan secara teknis hanya mungkin jika Anda melakukan hubungan seks selama lima hari sebelum ovulasi atau pada hari ovulasi. Tetapi hari-hari yang paling subur adalah tiga hari menjelang dan termasuk ovulasi. Berhubungan seks selama ini memberi Anda peluang terbaik untuk hamil.

Pada 12-24 jam setelah ovulasi, seorang wanita tidak lagi bisa hamil selama siklus menstruasi itu karena sel telur tidak lagi berada di saluran tuba. Hampir tidak ada peluang untuk hamil jika Anda melakukan hubungan seks sebelum atau setelah masa subur.

Karena bagi Anda yang merencanakan program hamil mengetahui masa subur itu penting. Menggunakan kalender kesuburan dapat membantu Anda merencanakan hubungan seks pada waktu yang tepat dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.