kehebatan anak
kehebatan anak

Selama 1.000 hari pertama kehidupan yang dimulai sejak pembuahan, otak berkembang sangat pesat. Proses ini masih berlanjut hingga kelahiran si kecil. Meskipun, pembentukan sel otak hampir selesai sebelum kelahiran, pematangan pematangan otak dan sinapsis neuron terjadi setelah kelahiran. Saat otak berkembang dengan baik, kehebatan anak bisa muncul sejak dini.

Sejak lahir, si kecil memiliki seratus milyar sel otak yang membutuhkan pengembangan untuk membuat sinapsis (koneksi antar saraf) agar berfungsi dengan baik. Jika itu berkembang dengan baik pada usia 3 tahun, si kecil akan memiliki rata-rata seribu triliun sinapsis.

kehebatan anak
kehebatan anak
Ibu Harus Menghindari Hal-hal yang Dapat Membahayakan si Kecil

Melihat betapa pentingnya perkembangan otak selama 1.000 hari pertama setelah kelahiran, anda harus benar-benar memanfaatkannya. Penuhi kebutuhan nutrisi si kecil sejak kehamilan, hindari merokok, alkohol, dan obat-obatan yang berdampak negatif pada perkembangan otak si kecil.

Penuhi Kebutuhan Nutrisinya

Kebutuhan nutrisi tentu harus dipenuhi, tetapi stimulasi yang tepat juga perlu diperhatikan. Stimulasi dan interaksi anda dengan si kecil memainkan peran penting dalam perkembangan kognitifnya. Saat dia masih bayi, Anda bisa memberikan rangsangan dalam bentuk cinta dan kasih sayang seperti menyentuh, memeluk, atau menggendong.

Berikan Interaksi yang Cukup dan Berkualitas

Seiring bertambahnya usia si kecil, interaksi orangtua-anak berkembang dan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Kualitas dan kuantitas interaksi orangtua-anak adalah salah satu cara untuk memaksimalkan perkembangan otak. Ini adalah kunci mendidik anak.

Tahun-tahun awal (0-6 tahun) adalah periode dimana faktor lingkungan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak dan sistem saraf pusat. Dukungan dari lingkungan harus diperhitungkan. Jika anda melahirkan anak pertama biasanya akan mendapat banyak perhatian. Perhatianlah yang mempengaruhi sifat anak pertama di masa depan.

Fokus Untuk Mengembangkan Bakat Alaminya

Sebagai orangtua, anda perlu menggali informasi mengenai hal – hal yang perlu dilakukan dalam mengembangkan bakat si kecil. Dengan mengetahui bakatnya sejak dini, Moms bisa lebih mudah untuk mengarahkan pendidikannya. Sebaiknya fokus untuk memberikan pendidikan yang memang bisa mengembangkan bakat alaminya.

Beberapa cara di atas bisa menstimulasi kehebatan anak sedini mungkin. Semakin awal anda melakukan rangsangan, semakin baik pula perkembangan otak buah hati anda.