cara mengatasi gatal alergi
cara mengatasi gatal alergi

Alergi pada anak kerap menjadi hal yang paling umum terjadi, salah satunya adalah alergi. Hal ini membuat para orangtua was-was khawatir si Kecil tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Kalau Anda baru saja berbahagia karena kehadiran buah hati, alergi sebenarnya bisa dicegah sejak dini. Simak tips tentang cara mengatasi gatal alergi pada anak. 

Pahami Akar Masalah Alergi 

Mendengar kata alergi pasti mengarahkan pikiran Kita ke makanan. Artinya hal ini berhubungan dengan sistem pencernaan. Dan hal ini ternyata benar dan sudah dibuktikan oleh para ahli. Kesehatan sistem pencernaan menjadi kunci utama pencegahan alergi sejak dini pada anak. 

Beberapa komponen terpenting dalam hal ini meliputi probiotik, prebiotik dan sinbiotik. 

cara mengatasi gatal alergi
  • Probiotik adalah mikroorganisme berupa jamur atau bakteri yang hidup di dalam sistem pencernaan. Salah satu probiotik yang ada di sini yaitu Bifidobacterium breve. 
  • Prebiotik – Jika ada mikroorganisme atau jamur di dalam sistem pencernaan, maka ia membutuhkan asupan makanan untuk tetap bertahan di dalam perut. Nah, inilah yang disebut prebiotik yang berfungsi menjadi makanan probiotik itu sendiri dan membantunya untuk berkembang biak. 
  • Sinbiotik – Untuk sinbiotik sendiri merupakan gabungan antara prebiotik dan sinbiotik. Fungsi dari sinbiotik ini adalah untuk merangsang aktifitas probiotik. 

Ketahui Jenis-jenis Alergi 

Alergi pada anak umumnya dipicu oleh makanan dan efeknya bisa bermacam-macam seperti sesak napas dan gatal-gatal. Gatal-gatal ini merupakan alergi yang kerap muncul bila anak makan-makanan tertentu seperti produk yang mengandung susu, telur, kacang, kedelai, seafood, gandum hingga wijen. Gejala yang ditimbulkan saat alergi muncul antara lain:

  • Mengalami gatal-gatal di kulit dan muncul ruam kemerahan 
  • Mata sembab dan berair
  • Hidung meler dan lendirnya jernih 
  • Muntah dan batuk-batuk 

Meskipun kondisi muntah-muntah itu jarang terjadi, namun biasanya hal ini kerap muncul beberapa jam kemudian. Nah,bila hal ini terjadi, pastikan Anda menghubungi dokter anak. 

Apa Cara Yang Pas Untuk Mengatasi Gatal Alergi?

Mengatasi gatal alergi atau efek alergi yang lainnya bisa dilakukan semenjak kecil, seperti melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Pastikan eksim pada anak terkendali – Bila si Kecil memiliki eksim, pastikan hal ini terkendali. Pastikan Anda memperhatikan bagaimana Anda memandikannya dan apa yang harus dihindari dan dilakukan. Konsultasikan dengan dokter. Umumnya mereka akan menyarankan Anda ke dermatologis. 
  • Sebisa Mungkin Berikan ASI – ASI sangat penting dalam hal pencegahan alergi karena ini berfungsi untuk mengenalkan sistem imune tentang bagaimana ia harus merespon pada benda atau zat berbahaya di dalam tubuh. Selain itu, memberikan ASI bisa menurunkan resiko alergi dan memberikan banyak sekali keuntungan lainnya. Sebisa mungkin berikan ASI sampai usia 2 tahun. 
  • Kenalkan Makanan Yang Mengandung Alergen – Kenalkan makanan yang memicu alergi hanya ketika si Kecil sudah siap makan-makanan padat. Di samping itu, masak sampai benar-benar matang. Anak biasanya diperbolehkan makan-makanan tambahan selain susu ketika ia bisa duduk tegak dan mencondong ke arah depan, kepala bisa tegak saat berdiri atau duduk, bisa memberitahu Anda ketika sudah full dan bisa makan dengan tangannya sendiri.

Pastikan Anda juga mengenalkannya sedikit-demi sedikit kemudian ditambah porsinya. Bila sudah terbiasa, Anda bisa memberikan makanan ini secara teratur agar tubuhnya bisa beradaptasi. 

Selain makanan, ada baiknya memperhatikan allergen lainnya seperti debu, tungau, pollen, dsb supaya tidak terpicu gatal-gatalnya. Sediakan selalu pereda gatal yang direkomendasikan oleh dokter anak dan pakai hanya saat perlu saja.