nutrisi otak anak
nutrisi otak anak

Secepat anak-anak melesat dari kelas ke kegiatan sepulang sekolah, pulang dan pergi lagi, otak mereka dengan cepat berubah dan berkembang. Nutrisi telah disebut sebagai salah satu faktor lingkungan terbesar pada bayi di dalam rahim, dan tetap penting selama masa bayi dan tahun-tahun awal perkembangan anak. Keseimbangan nutrisi otak anak yang tepat selama tahap awal kehidupan sangat penting untuk perkembangan otak, mendorong perkembangan kognitif hingga usia dewasa kita.

Kekurangan nutrisi seperti zat besi dan yodium dapat mengganggu perkembangan kognitif dan motorik. Demikian pula, ada bukti yang berkembang bahwa DHA, asam lemak esensial, adalah komponen kunci dari produksi sinapsis yang intensif yang membuat tahun-tahun pertama kehidupan menjadi masa kritis pembelajaran dan perkembangan. Banyak nutrisi lain seperti kolin, asam folat, dan seng, untuk beberapa nama telah dikaitkan secara khusus dengan perkembangan dan fungsi otak awal.

Apa yang kita makan secara langsung berdampak pada bagaimana fungsi dan perkembangan otak kita, tidak hanya selama masa kanak-kanak kita, tetapi juga pada tahap kehidupan selanjutnya. Jadi apa yang harus kita makan untuk meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif?

nutrisi otak anak

Peran Gizi dan Perkembangan Otak

Peran nutrisi dan korelasinya dengan perkembangan otak sangatlah kompleks. Dampak jangka panjang dari kekurangan nutrisi tergantung pada durasi dan tingkat kekurangan tersebut. Kekurangan nutrisi dini dapat menurunkan produksi sel otak. Kekurangan nutrisi selanjutnya dapat mempengaruhi ukuran dan kompleksitas sel. Kekurangan nutrisi juga berdampak pada proses kimiawi otak yang kompleks dan dapat menyebabkan komunikasi yang kurang efisien antar sel otak. Semua kekurangan nutrisi pada otak berdampak pada perkembangan otak dan fungsi kognitif.

Resep Mana yang Mempromosikan Perkembangan Otak yang Sehat?

Tahun-tahun awal kehidupan anak Anda sangat penting untuk perkembangan kognitif dan neurologis. Makanan yang dimakan anak Anda sangat penting untuk perkembangan otaknya, terutama selama tahun-tahun awal perkembangannya. Ada beberapa makanan yang akan membantu anak-anak Anda tetap fokus sekaligus mempengaruhi perkembangan otak mereka secara positif.

  • Telur: Kaya protein, nutrisi yang ditemukan dalam telur meningkatkan perkembangan otak, konsentrasi, dan fokus mental pada anak-anak. Selain itu, kuning telur adalah salah satu sumber terkaya vitamin kolin B kompleks, yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi neurologis.
  • Sayuran berdaun hijau: Baik bayam dan kangkung dianggap makanan super yang dikemas dengan folat, vitamin, dan antioksidan, yang mendorong perkembangan sel-sel otak baru. Sayuran hijau juga kaya vitamin-K, vitamin-C, vitamin-E dan asam folat, yang semuanya meningkatkan fungsi kognitif.
  • Ikan: Penuh vitamin D dan omega-3, ikan adalah makanan otak yang kaya nutrisi. Baik vitamin D dan omega-3 melindungi otak dari kehilangan memori. Salmon, tuna, dan sarden adalah sumber omega-3 yang bagus.
  • Kacang dan Biji-Bijian: Berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian dikemas dengan protein, asam lemak, vitamin, dan mineral penting untuk perkembangan otak. Kacang-kacangan memiliki konsentrasi DHA yang sangat tinggi, sejenis asam lemak omega-3 yang meningkatkan perkembangan kognitif pada anak-anak dan mencegah penurunan kognitif terkait usia selama tahap akhir kehidupan.

Semua bahan makanan di atas sangat bermanfaat sebagai nutrisi otak anak. Karena perkembangan otak anak berkembang sangat pesat di usia ini, Anda sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan apa yang mereka makan. Yang harus Anda jadikan catatan adalah Anda harus menghindari jumlah gula olahan yang berlebihan dan pantau asupan gula anak Anda. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah dapat merusak perkembangan otak anak kecil.