sabun mandi buah

Mandi adalah kegiatan yang dianggap sepele oleh sebagian besar orang. Tapi tahu nggak sih kalau sebenarnya mandi juga harus dilakukan dengan cara yang tepat supaya kesehatan kulit terjaga kesehatan dan kebersihannya. Mandi bukan cuma soal membasahi tubuh dengan sabun dan air. Memilih jenis sabun mandi buah, suhu air, hingga lamanya mandi ternyata juga berpengaruh. 

Kalo gitu, gimana sih cara mandi yang benar dan sehat?

1. Jangan mandi terlalu lama, idealnya 5 menit aja

sabun mandi buah
Sabun mandi buah

Makin lama mandi nggak menjamin kulit kamu bakal selalu bersih. Justru mandi dalam waktu yang lama nggak bagus untuk kulit karena bisa bikin kulit jadi kering. Lama waktu mandi yang ideal adalah 5 menit atau secukupnya. Sabun tubuh secara merata ke seluruh bagian tubuh kemudian bilas. 

2. Sesuaikan lama mandi dengan aktivitas

Nggak ada aturan yang pasti tentang frekuensi mandi yang direkomendasikan. Semua tergantung dari aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan. Kalo kamu banyak beraktivitas dan punya jenis kulit kering, mandi 3 kali  seminggu udah cukup. Tapi kalo kamu sering berkeringat dan aktif olahraga, kamu wajib banget mandi tiap hari. Kamu yang rutin mandi 2 kali sehari, jangan terlalu lama ya mandinya!

3. Pilih sabun yang sesuai

Jenis sabun juga harus kamu perhatikan. Kamu yang punya jenis kulit kering sebaiknya pilih sabun yang bahannya ringan dan lembut dengan kandungan pelembab. Untuk jenis kulit normal, kamu bisa pilih sabun bebas sesuai selera.

Tapi kalau kamu ingin sabun yang bisa memberikan efek fresh dan segar, pilih sabun mandi buah Harmony! Sabun mandi buat Harmony terdiri dari tiga varian yang dipilih sesuai arma buah favoritmu. Ingin #ImproveYourMood? Pilih sabun mandi buah Harmony varian Apple Fuji & Melon Honeydew. Tapi. Kalau kamu pengen  #RefreshYourMood, varian Lemon Citrus & Orange Satsuma dengan aroma yang fresh citrus. Nah, kalau kamu pengen relaksasi yang menenangkan, coba aja pakai varian Strawberry Alpine & Grape Sparkling yang punya efek #RelaxYourMood.

4. Awali proses mandi dengan membersihkan kepala 

Saat kamu mandi, awali dengan membersihkan area kepala lebih dulu. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan tubuh bagian atas lebih dulu lalu turun ke bagian bawah secara berurutan. 

Proses ini akan memungkinkan sabun untuk membersihkan tubuh secara merata. Kamu juga harus membersihkan area lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak, selangkangan dan area atas perut. 

5. Gosok kulit sebelum mandi 

Supaya kulit bersih, kamu bisa menggosok kulit sebelum mandi. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan sel kulit mati pada tubuh. Kulit bisa meregenerasi dan lapisan teratasnya digantikan kulit baru yang sehat. Kamu bisa menggosok kulit menggunakan serat alami atau sikat dengan gagang yang panjang supaya bis amencapai seluruh tubuh kamu. 

Pertama-tama, mulailah menggosok telapak kaki, kemudian ke area tubuh atas. Gosok kulit kamu dengan gerakan memutar searah jarum jam. Untuk kulit yang tipis, gosok dengan tekanan yang lembut. Jangan lupa menggosok area lengan dan ketiak.

6. Keringkan tubuh dengan handuk halus

Setelah mandi, kamu bisa mengeringkan tubuh dengan handuk berbahan halus. Hindari menggosok-gosokkan handuk ke kulit. Cukup kamu tepuk-tepuk handuk ke kulit perlahan sampai air menyerap sendiri ke dalam handuk. Terlalu keras menggosok handuk ke kulit bisa menyebabkan rasa gatal dan iritasi. Setelah mandi, kamu bisa pakai lotion supaya kulit lembut.