Pada dasarnya, berlian memang ditambang dari tanah, menjadi batuan terkuat di dunia. Masalahnya,, dengan meningkatnya permintaan, pasar juga kerap dibanjiri dengan kalung berlian palsu atau berkualitas kurang baik. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga kualitas berlian, ada standar khusus penggunaan kalung berlian modern yang diakui secara internasional

Apa saja standar uji kalung berlian modern yang diakui secara internasional? Mari simak di sini.

Uji Khusus oleh Sertifikat GIA atau Lembaga Terkemuka

Berlian asli pastinya akan selalu disertai dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga gemologi terkemuka seperti Gemological Institute of America (GIA). Sertifikat ini memberikan informasi rinci tentang potongan, karat, warna, kejernihan, dan kualitas lainnya. Pastikan untuk memeriksa dan memverifikasi sertifikatnya sebelum membeli.

Uji Kejernihan dengan Kaca Pembesar

Menggunakan kaca pembesar, Anda bisa lho perhatikan berlian dengan cermat. Berlian asli biasanya memiliki kejernihan yang tinggi, tanpa bercak atau inklusi yang mudah terlihat. Inklusi yang terlalu jelas atau tampak seperti “awan” dapat menjadi tanda kalung berlian palsu.

Jika Anda ragu dengan keaslian dari kalung berlian modern, Anda juga bisa membawa kalung tersebut ke toko perhiasan terdekat untuk diuji kejernihan dari kalung tersebut dan memastikan bahwa kalung yang dimiliki asli.

Uji Kecerahan dengan Cahaya

Ada rahasia yang harus Anda pahami! Berlian asli cenderung memantulkan cahaya dengan indah dan menciptakan kilau yang intens. Letakkan berlian di bawah cahaya dan amati kilauannya. Jika berlian tampak kusam atau kilau kurang, itu mungkin tanda kalung berlian yang kurang berkualitas atau palsu. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa perhiasan yang Anda miliki memiliki kecerahan yang baik dan berkilau.

Uji Kekerasan dengan Penggaris Mohs

Berlian memiliki tingkat kekerasan tertinggi pada skala penggaris Mohs. Cobalah menggores kalung berlian dengan benda-benda tajam lainnya. Jika berlian tidak tergores, itu kemungkinan besar asli. Namun, perlu diingat bahwa proses ini lebih baik dilakukan oleh ahli gemologi.

Periksa Logam Pembuat Kalung

Logam pembuat kalung juga memberikan petunjuk apakah kalung berlian asli atau tidak. Perhiasan berlian asli seringkali menggunakan logam mulia seperti emas putih, emas kuning, atau platinum. Pastikan logamnya memiliki cap atau tanda keaslian.

Tingkat Kehalusan yang Tinggi

Berlian asli biasanya memiliki tingkat Kehalusan yang tinggi, memberikan permukaan yang licin dan bersinar. Sentuh kalung berlian dan perhatikan apakah permukaannya terasa kasar atau tidak rata. Berlian palsu atau rendah kualitas mungkin memiliki kekasaran yang lebih terasa.

Harga yang Masuk Akal

Jika harga terlalu murah untuk menjadi kenyataan, berhati-hatilah. Berlian asli memiliki nilai yang tinggi, dan harga yang terlalu rendah mungkin menandakan produk palsu atau berkualitas rendah. Bandingkan harga dengan standar pasar dan pertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk membeli.

Perhatikan Desain dan Detailnya

Perhatikan desain kalung berlian. Produk asli cenderung memiliki desain yang cermat dan detail yang halus. Jika ada ketidaksempurnaan yang mencolok atau kekurangan dalam desain, itu bisa menjadi tanda kalung berlian palsu. Anda perlu memperhatikan dengan baik dan benar sebelum memutuskan untuk memilih kalung yang Anda inginkan.

Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, Anda tidak perlu worry sast kalung berlian asli dan berkualitas tinggi. Namun, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan toko perhiasan terpercaya sebelum membeli ya!

Bagi Anda yang sedang mencari kalung berlian modern terbaik dan sudah terjamin keasliannya, pastikan Anda membeli kalung berlian impian Anda di Mondial Jeweler sebagai toko perhiasan terbaik dan terlengkap.