impetigo

Apakah Si Kecil pernah merasakan gatal-gatal yang membuatnya rewel? Ia mungkin terkena impetigo atau infeksi kulit akibat bakteri. Jika tidak ditangani sesegera mungkin, infeksi dan gatal-gatal akan semakin parah. Namun sebelum mengetahui cara mengobatinya, ketahui juga apa penyebab infeksi kulit ini. 

Penyebab Impetigo

Penyebab utama infeksi kulit ini adalah infeksi bakteri. Bakteri bisa menginfeksi kulit dan menular melalui kontak langsung dengan penderita. Oleh sebab itu, penderita tidak boleh memakai baju atau handuk yang sama dengan orang lain.

Selain itu, infeksi juga akan semakin mudah akibat luka, gigitan serangga, atau cedera akibat jatuh. Luka membuat bakteri mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi kulit. 

Biasanya, infeksi terjadi pada anak usia 2 sampai dengan 5 tahun. Si Kecil akan mengalami beberapa gejala seperti bercak kemerahan, gatal, nyeri, dan terkadang melepuh. 

Cara Mengobati

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi infeksi kulit ini, berikut di antaranya:

1. Ajari Si Kecil untuk Tidak Menggaruk atau Menyentuh Luka

Rasa gatal pada kulit yang terluka biasanya membuat Si Kecil ingin menggaruk atau menyentuhnya. Ingatkan Si Kecil untuk tidak menggaruk atau menyentuh luka. Pasalnya, tangan yang penuh bakteri bisa menyebarkan bakteri. 

2. Gunakan Antibiotik

Apabila infeksi bakteri yang terjadi masuk golongan ringan, maka Anda bisa memberikan antibiotik. Cara ini sebaiknya segera dilakukan sebelum infeksi menyebar ke bagian tubuh lain. Pastikan antibiotik yang Anda berikan sesuai dengan usia Si Kecil atau berdasarkan resep dokter. 

3. Gunakan Beberapa Bahan Alami

Ternyata, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengobati infeksi kulit. Beberapa contohnya yaitu lidah buaya, kunyit, jahe, hingga bawang putih. Namun tanyakan terlebih dahulu pada dokter karena beberapa bahan alami bisa menyebabkan alergi pada kulit sensitif.

Nah, itulah penyebab dan cara mengobati impetigo yang perlu Anda ketahui. Selain itu, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan Si Kecil. Hindari popok yang bisa memicu timbulnya bakteri. MAKUKU SAP Diapers menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Popok ini memiliki fitur yang bisa meminimalisir ruam dan kelembaban. Jadi, jangan ragu memakai MAKUKU SAP Diapers.