makanan bernutrisi
makanan bernutrisi

Pola makan yang sehat dan bernutrisi merupakan hal penting yang harus diperhatikan para orang tua. Pasalnya makanan yang dikonsumsi oleh Si Kecil sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembangnya. Anda wajib memberikan makanan bernutrisi lengkap dan seimbang sejak dini. Kebiasaan makan makanan sehat sejak dini bisa meminimalisir risiko penyakit kronis di kemudian hari. Berikut ini adalah panduan dalam pemberian makanan sehat dan bernutrisi untuk Si Kecil:

Sumber Makanan yang Bernutrisi

  1. Sumber karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi penting yang berguna sebagai sumber energi utama. Karbohidrat terdiri dari dua jenis yaitu kompleks dan sederhana. Sumber karbohidrat sederhana yaitu madu, gula merah, gula putih, dan kue. Sementara sumber karbohidrat kompleks yaitu sayuran, buah, kacang-kacangan, gandum, pasta, dan lain sebagainya.

  1. Sumber protein

Protein memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Beberapa di antaranya yaitu mengganti jaringan yang rusak, meningkatkan perkembangan otak, dan lain-lain. Sumber protein ada dua yaitu hewani dan nabati. Sumber protein hewani terdiri dari susu, telur, ikan, keju, dan lain-lain. Sementara sumber protein nabati adalah tahu, tempe, gandum, kacang-kacangan, dan lain-lain.

  1. Sumber serat

Serat memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan, mencegah penyakit jantung, menormalkan gula darah di tubuh, dan lain sebagainya. Sumber serat yang biasanya disukai anak adalah sayur, buah, roti gandum utuh, dan sereal gandum.

  1. Sumber lemak

Lemak ternyata penting untuk tumbuh kembang anak-anak. Namun jenis yang boleh diberikan adalah lemak baik. Beberapa sumber lemak baik yaitu alpukat, ikan, biji-bijian, telur, minyak zaitun, dan minyak canola.

  1. Sumber vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit namun sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Ada banyak jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak. Beberapa makanan sumber vitamin dan mineral yaitu pisang, melon, tomat, ikan, kacang-kacangan, susu, dan lain-lain.

makanan bernutrisi

Prinsip dalam Memberikan Makanan yang Bernutrisi

  1. Semakin beragam makanan, semakin bernutrisi

Setiap jenis makanan mengandung nutrisi yang berbeda-beda. Jika menginginkan makanan bernutrisi lengkap, Anda harus memberikan makanan yang beragam pada Si Kecil. Selain itu, memberikan makanan yang beragam juga bisa mengatasi rasa bosan.

  1. Waktu makan adalah prioritas

Ketika Si Kecil makan, maka mereka harus fokus pada makanannya. Hindari kebiasaan makan sambil melakukan aktivitas lain seperti menonton TV, bermain gadget, dan lain-lain. Jadilah contoh untuk kebiasaan baik ini.

  1. Biasakan sarapan

Sarapan menjadi sumber energi yang dibutuhkan anak untuk aktivitasnya seharian. Jangan biarkan Si Kecil memulai harinya dengan perut kosong. Biasakan sarapan sejak dini dan berikan pengertian bahwa sarapan itu penting.

  1. Batasingaram, gula, dan lemak

Gula, garam, dan lemak memang dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil. Namun hindari pemberian yang berlebihan. Sesuai pemberian nya berdasarkan usia Si Kecil.

  1. Libatkan anak dalam memilih bahan makanan

Trik paling jitu agar Si Kecil senang dengan makanannya adalah melibatkan mereka dalam memilih bahan. Berikan pengertian apa saja makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Jadi mereka bisa mengerti mana makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Itulah panduan pemberian makanan bernutrisi untuk anak yang perlu Anda ketahui. Anda harus mengajari kebiasaan makanan yang sehat dan bernutrisi sejak dini. Dengan begitu, Si Kecil akan terus menerapkannya hingga dewasa. Bagi Anda yang bekerja di bidang pediatri dan nutrisi anak, Nutricia Professional menghadirkan platform profesional yang bisa diikuti. Melalui platform Nutricia Professional, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu seputar pediatri serta nutrisi anak. Selengkapnya mengenai platform tersebut bisa langsung Anda lihat di www.nutriciaprofessional.id