cara mengatasi sakit perut pada anak
cara mengatasi sakit perut pada anak

Setiap orang tua pasti akan merasa panik dan khawatir jika si Kecil mengeluh sakit perut. Apalagi jika Anda tidak mengetahui secara pasti apa penyebab sakit yang dialami si Kecil. Sebenarnya sakit perut pada anak sangat umum terjadi. Kebanyakan kasus sakit perut pada anak biasanya terjadi karena sembelit, salah makan, atau gejala ringan lainnya. 

Anda tidak perlu panik dan khawatir apabila si Kecil mengeluh sakit pada perutnya. Segera lakukan perawatan agar rasa sakitnya menghilang sehingga si Kecil aktif kembali. Adapun cara mengatasi sakit perut pada anak dengan mudah yaitu sebagai berikut:

Pastikan Si Kecil Selalu Terhidrasi

Hal penting yang harus Anda ingat yaitu membuat tubuh si Kecil selalu terhidrasi. Dengan begitu, saraf perut akan lebih tenang sehingga rasa sakit mulai berkurang. Jangan berikan makanan yang berminyak sebelum rasa sakitnya benar-benar reda. Apabila sakitnya disertai muntah, berikan makanan cair agar lebih mudah untuk dicerna.

cara mengatasi sakit perut pada anak
cara mengatasi sakit perut pada anak

Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi sakit perut pada anak yang paling efektif dan aman adalah dengan mengompres perut menggunakan air hangat. Apabila menggunakan bantal pemanas, sebaiknya pilih tingkat panas paling rendah agar si Kecil tidak merasa kaget. Mengompres perut yang sakit dinilai efektif menurunkan rasa sakit karena otot perut bisa lebih rileks.

Berikan Yogurt atau Makanan Probiotik Lain

Makanan probiotik seperti yogurt dikenal mampu membantu meredakan sakit perut dengan efektif. Bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt bisa menghilangkan mikroba jahat di usus. Selain mampu meredakan sakit perut, yogurt juga bisa meredakan diare dan kram pada perut. Anda bisa menambahkan biji fenugreek agar hasil lebih maksimal.

Berikan Teh Herbal Jahe

Selain yogurt, teh herbal dari jahe juga bisa membantu menurunkan rasa sakit pada perut anak. Parut jahe secukupnya kemudian rendamlah pada air hangat. Jika si Kecil berusia 2 tahun ke atas, Anda bisa langsung memberikannya. Namun jika anak masih berusia di bawah 2 tahun, oleskan saja pada area pusar. Agar lebih aman, pemberian teh herbal bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Berikan Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat. Bahan ini juga dikenal memiliki sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan anak suka dengan madu meskipun tidak ditambahi campuran apapun. Namun jika si Kecil masih berusia di bawah 2 tahun, jangan memberinya madu tanpa campuran air.

Pijat Area Perut dan Refleksi Kaki

Meningkatnya sirkulasi darah dapat membantu meredakan rasa sakit si Kecil. Anda bisa melakukan pemijatan lembut pada area perut secara rutin. Hal tersebut juga membantu merelaksasi otot dan saraf. Selain bagian perut, Anda juga bisa melakukan pemijatan pada refleksi kaki secara ringan saja. Pemijatan sebaiknya dilakukan sebelum si Kecil makan.

Ajak Anak untuk Bergerak

Kebanyakan anak akan memilih untuk meringkuk dan diam saat merasakan sakit di perutnya. Ajaklah si Kecil bergerak untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Gerakan ringan yang dilakukan bisa membantu merangsang saluran pencernaan pada anak.

Itulah cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda ikuti. Jika mengikuti perawatan di atas, rasa sakit perut si Kecil yang diakibatkan karena masalah ringan bisa diatasi. Namun apabila setelah perawatan tidak ada perubahan berarti, sebaiknya langsung bawa si Kecil ke dokter untuk pemeriksaan. Semoga sedikit informasi yang diberikan ini dapat membantu Anda untuk tidak panik ketika si Kecil mengeluh sakit perut.