bahan bangunan terbaik

Rumah merupakan bangunan yang akan Anda gunakan untuk waktu yang sangat lama bahkan bisa dikatakan selamanya. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan yang terbaik untuk membuat rumah tampak indah, nyaman, serta tahan lama. Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang ketika akan membangun rumah impian adalah memilih bahan bangunan.

Pasalnya, bahan bangunan ini nanti akan berpengaruh pada daya tahan maupun keindahan bangunan. Agar bisa menemukan bahan bangunan terbaik, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

bahan bangunan terbaik
Bahan bangunan terbaik
  • Pilih Semen Berkualitas

Semen termasuk bahan atau material bangunan yang utama karena memiliki fungsi yang sulit digantikan. Bahan bangunan ini biasanya digunakan untuk pondasi, plesteran, acian, maupun pemasangan keramik. Semen berkualitas memiliki tekstur lembut, dapat terurai, dan berstandar SNI. Rekomendasi bahan bangunan terbaik yang bisa Anda pilih adalah Semen Tiga Roda yang sudah banyak digunakan oleh para kontraktor.

  • Pilih Pasir yang Bagus

Pasir yang berkualitas biasanya memiliki ciri-ciri yaitu kandungan lumpurnya kurang dari 5%. Terlalu banyak lumpur pada pasir tidak bagus karena membuat ikatan semen dan pasir tidak kuat. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada bangunan rumah yang tidak sekokoh pasir dengan kandungan lumpur rendah. Coba genggam dengan erat pasir, apabila terasa tajam dan tidak menggumpal maka pasir tersebut memiliki kualitas yang bagus.

  • Memilih Batu Sebagai Pondasi

Batu menjadi bahan bangunan yang digunakan untuk membuat pondasi. Agar pondasi kokoh, maka Anda harus memilih batu yang berkualitas. Batu yang bagus digunakan sebagai pondasi adalah batu belah yaitu batu yang merupakan pecahan dari batu bulat berukuran besar. Batu belah bisa berupa batu putih kecoklatan ataupun batu hitam. Batu ini bagus untuk pondasi karena bentuknya mampu saling mencengkram kuat sehingga pondasi bisa kokoh.

Itulah beberapa tips memilih bahan bangunan terbaik yang bisa diikuti agar bagunan rumah Anda lebih tahan lama dan indah. Selain memilih bahan, jangan lupa untuk merancang anggaran terlebih dahulu sehingga pembangunan bisa berjalan dengan lancar.

Seluruh bahan bangunan biasanya bisa didapatkan dengan mudah di toko bangunan terdekat, termasuk Semen Tiga Roda. Jika ingin mendapatkan informasi lebih banyak mengenai Semen Tiga Roda, Anda bisa mengunjungi website sementigaroda.com.