model cincin berlian wanita asli
model cincin berlian wanita asli

Salah satu faktor yang membuat cincin berlian terlihat cantik adalah berlian yang cemerlang dan berkilau. Hampir semua model cincin berlian wanita asli fokus pada keindahan berlian. Lalu apa jadinya bila berlian terlihat kusam atau kotor? Tentu saja kotoran yang menempel pada cincin berlian membuat keindahannya berkurang. 

Meskipun cincin berlian bisa menjadi kotor karena debu dan keringat setelah penggunaan, namun fakta nya ada banyak penyebab mengapa cincin berlian bisa terlihat kotor dan tidak berkilau. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengapa cincin berlian bisa menjadi kotor. 

model cincin berlian wanita asli
model cincin berlian wanita asli

Mengapa cincin berlian bisa terlihat kotor?

Salah satu penyebab cincin berlian terlihat kotor adalah memang disebabkan karena kotoran dan debu yang menumpuk di permukaan cincin berlian. Hal ini biasa terjadi mengingat cincin berlian mempunyai kontak langsung dengan kulit sehingga bisa saja keringat atau daki dari kulit menempel pada permukaan cincin berlian. Selain itu, aktivitas ketika menggunakan cincin berlian juga bisa menyebabkan cincin menjadi lebih mudah kotor. 

Selain karena kotoran, cincin berlian bisa terlihat kusam karena mempunyai banyak inklusi pada berlian. Inklusi pada berlian adalah cacat alami kecil di dalam berlian yang membuatnya terlihat tidak berkilau dan bercahaya sebagaimana mestinya. 

Kotoran pada permukaan berlian

Permukaan cincin berlian yang kotor dan tidak segera dibersihkan akan membuat berlian menjadi nampak kusam dan kotorannya menjadi semakin menumpuk. Semakin banyak minyak dan keringat dari tangan akan membuat kotoran semakin menempel di permukaan cincin berlian. Lama kelamaan, kotoran dan debu bisa membentuk lapisan tipis yang menghalangi cahaya masuk ke dalam berlian. Hal ini kemudian membuat berlian terlihat kusam, kotor, dan tidak bercahaya. Anda bisa mengelap cincin berlian dengan kain yang lembab untuk menghilangkan kotoran tersebut. Bila kotoran bisa hilang dengan cara dilap, anda bisa merasa lega karena cincin berlian tidak mempunayi inklusi atau cacat alami. 

Inklusi di dalam berlian

Pada kasus tertentu, kusam dan kotor pada berlian tidak benar-benar disebabkan karena kotoran atau debu. Hal ini bisa juga terjadi karena banyaknya inklusi atau cacat alami pada cincin berlian itu sendiri. Inklusi adalah salah satu hal alami dimana bagian dalam berlian mempunyai banyak bintik karbon yang terlihat seperti bintik hitam. Semakin banyak bintik hitam di dalam berlian, akan membuat cincin terlihat kusam meskipun tidak kotor. 

Salah satu cara untuk melihat apakah cincin berlian mempunyai inklusi atau tidak, anda bisa menggunakan kaca pembesar. Sebelumnya, coba terlebih dahulu untuk membersihkan berlian untuk melihat apakah kusam pada cincin berlian benar-benar inklusi atau hanya kotor semata. Bila dilihat dengan kaca pembesar, anda bisa melihat bila di dalam berlian terdapat sepertu retakan, garis, atau bintik yang membuatnya terlihat kotor. 

Cara mengatasi cincin berlian yang terlihat kotor

Cara yang paling mudah untuk mengatasi cincin berlian Miss Mondial yang kotor adalah dengan membersihkannya. Anda bisa menggunakan larutan pembersih dengan air hangat dan rendam cincin selama beberapa saat. Kemudian bersihkan cincin dengan sikat atau lap yang lembut dan kemudian bilas dengan air bersih. 

Untuk cincin berlian yang mempunyai inklusi, anda bisa memilih setting cincin dan posisi berlian yang tepat untuk menyembunyikan cacat alaminya. Anda mungkin membutuhkan bantuan toko perhiasan untuk memasang setting model cincin berlian wanita asli yang tepat untuk membuatnya bercahaya dengan maksimal.