cara bisnis online

Perkembangan era digital sangat lekat dengan generasi milenial. Hal ini bisa dibuktikan dengan sosial media yang sebagian besar diramaikan oleh para generasi milenial, baik itu twitter, facebook, path, hingga instagram. Namun, sayangnya kita ini selalu berada di posisi orang yang mengonsumsi teknologi, bukan orang yang memanfaatkan teknologi.

Padahal kemajuan teknologi yang dimanfaatkan dengan baik ini bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang jumlahnya tak bisa Anda bayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, bagaimana cara bisnis online tersebut?

cara bisnis online

Sebenarnya ada banyak ide bagaimana cara bisnis online yang bisa dilakukan oleh para generasi milenial. Tapi kebanyakan membutuhkan dana modal yang cukup lumayan. Berikut marilah kita simak informasinya:

  • Jadi dropshipper

Ide bisnis online yang pertama adalah menjadi drophipper. Banyak orang yang menyamakan dropshipper dengan reseller. Padahal keduanya ini berbeda. Kalau Anda menjadi reseller, pastinya Anda butuh modal untuk membeli barang dagangan terlebih dahulu, tapi kalau Anda menjadi dropshipper, Anda tak perlu modal untuk membeli barang dagangan.

  • Jasa Desain Grafis

Buat yang suka mendesain, Anda bisa menjalankan peluang bisnis online jasa desain grafis yang mengandalkan kreativitas, imajinasi, dan seni. Jasa desain grafis yang diberikan bisa berupa jasa pembuatan logo, banner, poster, kemasan, kartu nama, kartu undangan pernikahan, dan lain sebagainya. Ada banyak bukan jasa desain yang bisa Anda tawarkan? Untuk menarik banyak minat pelanggan, Anda harus membuat portofolio terlebih dahulu agar calon pelanggan bisa melihat sejauh mana kemampuanmu mendesain. Unggah portofolio di instagram pribadi agar banyak orang yang bisa melihat karyamu.

  • Jasa Pembuatan Website

Salah satu cara bisnis online yang bisa mendatangkan uang adalah dengan membuat jasa pembuatan website. Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, maka manfaatkan kemampuanmu tersebut sebagai ide bisnis online untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Anda bisa menawarkan untuk membuat website e-commerce, toko online, atau perusahaan. Skill membuat website memang terbilang cukup tinggi. Jika Anda belum terlalu mahir untuk mengambil proyek besar, Anda bisa memulai dari proyek kecil terlebih dahulu seperti jasa membuat blog seperti blogger atau wordpress yang lebih ringan dan mudah dioperasikan.