Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi merambah ke berbagai sektor atau bidang, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan zaman yang sudah banyak menggunakan peralatan teknologi untuk memudahkan dan membantu manusia dalam berbagai aktifitas. Seperti di bidang pendidikan, dulu seorang guru di dalam kelas mengajar dengan perlengkapan mengajarnya seperti buku dan papan tulis. Namun, seiring perkembangan zaman saat ini guru sudah menggunakan laptop dan projektor untuk menyampaikan materinya kepada murid. Ini lebih efektif jika dibandingkan dengan mengajar secara konvensional. Karena, dengan menggunakan perangkat Teknologi Komunikasi seperti laptop, projektor, dapat memberikan sistem pengajaran berupa audio visual dan tidak mudah jenuh bagi murid.

Selain perangkat Teknologi Komunikasi seperti laptop dan projektor yang digunakan oleh guru, perangkat software atau aplikasi E-mail juga menjadi salah satu media yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, informasi kepada para murid agar lebih efektif dab cepat. Sebelum ada E-mail seorang guru memberikan materi pelajarannya berupa hard copy atau berbentuk print out, terkadang membutuhkan dana lebih untuk mem-fotocopy materi tersebut dan membebankan bagi murid. Tapi, dengan E-mail semua murid bisa menerima informasi dengan cepat dan merata. Pemanfaatan perangkat teknologi ini sangat membantu dan positif jika dilakukan dengan baik, seperti di sekolah-sekolah atau sektor pendidikan yang memudahkan guru serta murid dalam belajar mengajar. Internet juga salah satu media terbarukan yang kita kenal saat ini, berbagai referensi atau sumber informasi bisa didapatkan dengan mudah dimana saja dan kapan saja dibutuhkan. Untuk mendapatkan materi pelajaran maka tinggal ketik saja di mesin pencari Google apa yang kita cari dapat muncul dari berbagai referensi.

Maka tak heran kalau media komunikasi atau Teknologi Komunikasi ini dijadikan sebagai salah satu hal yang penting dan sangat dibutuhkan di berbagai bidang salah satunya pendidikan. Untuk memanfaatkannya jangan sampai disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak penting, tidak bermanfaat, saring informasi untuk kita ketahui dan kita bagikan kepada orang lain, intinya bijaklah dalam mempergunakannya.