Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bidang Pertanian

Teknologi informasi yang saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, sangat memberikan pengaruh positif terhadap berbagai bidang kehidupan manusia. Salah satu buidang kehidupan manusia tersebut adalah bidang pertanian. Teknologi informasi ternyata juga bisa memberikan dampak positif terhadap bidang pertanian. Bidang pertanian merupakan sebuah bidang yang sangat memebrikan peranan penting dalam kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Mengakui atau tidak, negara kita ini belum sepenuhnya dikategorikan ke dalam jenis negara industry. Mengapa demikian ? karena ternyata sektor pertanian di negara kita ini masih cukup mendominasi tatanan kehidupan masyarakatnya. Hal ini tentunya bukan sebuah permasalahan, tetapi justru bidang pertanian ini bisa menjadi penyeimbang tatanan kehidupan yang berorientasi kepada sector industry.

Artinya, ketika kita berlomba – lomba menyelengarakan kegiatan – kegiatan industrial, tetapi disisi lain kita juga tidak akan kekurangan dalam hal pangannya, karena sector pertanian bisa berjalan dalam tatanan kehidupan sebuah negara yang akan melangkah ke arah industry.

Dan yang lebih menariknya lagi, bahwa teknologi yang biasa diterapkan dalam industry, ternyata teknologi tersebut bisa memberikan manfaat juga dalam bidang pertanian. Kita ambil contoh teknologi informasi. Ya, ternyata teknologi informasi bisa memberikan manfaat yang cukup besar untuk kemajuan bidang pertanian.

Adapun manfaat yang bisa diberikan oleh teknologi informasi kepada bidang pertanian di negara kita ini adalah sebagai berikut :

  1. Mendorong terbentuknya jaringan informasi pertanian di tingkat lokal dan nasional.
  2. Membuka akses petani terhadap informasi pertanian untuk meningkatkan peluang potensi peningkatan pendapatan dan cara pencapaiannya, meningkatkan kemampuan petani dalam meningkatkan posisi tawarnya dan meningkatkan kemampuan petani dalam melakukan diversifikasi usaha tani
  3. Mendorong terlaksananya kegiatan pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan informasi pertanian secara langsung maupun tidak langsung untuk mendukung pengembangan pertanian lahan marjinal.
  4. Memfasilitasi dokumentasi informasi pertanian di tingkat lokal (indigeneous knowledge) yang dapat diakses secara lebih luas untuk mendukung pengembangan pertanian lahan marjinal.

Demikian beberapa manfaat teknologi informasi yang bisa membantu meningkatkan produktifitas di bidang pertanian. Jadi pertanyaan benar tidaknya teknologi informasi bermanfaat bagi pertanian sudah terjawab dengan beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here