Kredit Usaha Rakyat Modali Usaha Mikro

Memiliki usaha yang bisa dikelola di rumah merupakan usaha yang dapat dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga di sela-sela kegiatannya mengurus rumah tangga.

Misalnya saja pada saat suami bekerja di kantor atau anak-anak sedang di rumah, para ibu sangat leluasa untuk menekuni usaha yang mereka minati.

Misalnya saja dengan menjahit pakaian, membuat berbagai panganan, ataupun dengan membuat aneka kerajinan tangan yang berpeluang menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Walaupun usaha yang digelutinya tersebut merupakan usaha sampingan, tetap saja membutuhkan modal usaha untuk biaya produksi ataupun untuk biaya operasional usahanya tersebut. Adapun modal yang bisa Anda dapatkan adalah modal financial dari sebuah bank.

Saat ini pemerintah memberikan perhatian khusus untuk pertumbuhan usaha mikro seperti usaha rumahan. Pemerintah memberikan dukungan dengan menyediakan modal usaha melalui  berbagai kredit baik melalui bank ataupun melalui badan usaha di setiap desa.

Salah satu produk kredit yang disediakan bank adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). KUR ini dilayani di bank negeri maupun bank swasta. Kredit ini benar-benar diperuntukkan bagi yang mempunyai usaha. Karena salah satu persyaratannya adalah sudah menjalankan usahanya minimal dua tahun.

Apapun jenis usahanya, jika usaha tersebut sudah bertahan minimal dua tahun maka sudah berhak mendapatkan KUR tersebut. Misalnya usaha rumahan yang membuat berbagai makanan atau minuman.

Adapun kelebihan dari KUR (Kredit Usaha Rakyat) ini adalah kredit yang benar-benar lunak dengan syarat yang relative mudah. Hal itu terllihat dari besaran bunga yang digunakannya.

Dan jangka waktu pembayarannya pun cukup lama. Dari mulai satu tahun hingga lima tahun. Adapun besaran pinjaman modal usaha yang dapat diajukan untuk KUR ini dimulai dari kisaran modal dua juta rupiah.

Namun, biasanya pihak bank akan menyetujui dana KUR tersebut dengan angka lima juta rupiah. Jika nasabah KUR dapat melunasi pinjaman pertama dengan tepat waktu, maka bisa mengajukan kembali pinjaman berikutnya hingga sepuluh juta rupiah.

Dan jika peinjaman tersebut dapat terselesaikan dengan tepat waktu juga, maka bisa mengajukan kembali dengan besaran pinjaman hingga lima puluh juta rupiah.