Menulis merupakan salah satu kemampuan dasar anak. Kemampuan tersebut meruakan kemampuan wajib yang harus dimiliki setiap anak. Karena melalui kemampuan tersebut seorang anak bisa mengikuti berbagai kegiatan untuk belajar di masa yang akan datang. Dengan memiliki kemampuan menulis maka anak akan lebih mudah menjalani pelajaran-pelajaran yang akan ditrimanya di bangku persekolahan kelak.

Untuk menjadikan anak anda memiliki kemampuan untuk menulis, tentu saja harus didorong oleh anda sebagai orang tua. Anda diharapkan bisa mengajarkan anak anda untuk menulis. Berikut ini ada beberapa cara mengajari anak menulis yang lebih efektif dan mudah.

Sebelum mengajarkan menulis sebaiknya anda membiasakan si kecil untuk lebih akrab dengan buku dan pensil sehingga bisa mencorat-coret dengan baik. Anda bisa mengajarkan anak menulis melalui tahapan awal. Tahapan awal anak mengenal pelajaran menulis, pelatihan pertama ini dinamakan menulis bayangan.

Latihlah anak dengan membuat garis vertikal atau horizontal, melingkar, mengotak, dan lain-lain. Arahkan pensil yang dipegang anak dengan membuat garis secara bayangan yaitu garis ke samping atau ke atas. Lakukan proses belajar ini sampai Anak lancar dan hasilnya terlihat lurus.

Hal tersebut bisa melatih anak menjadi lebih teratur dalam menggerakan pensilnya. Cara mengajari anak menulis tersebut merupakan cara yang paling mendasar yang harus ada lakukan.

Setelah melakukan cara mengajari anak menulis yang telah disebutkan diatas, anda bisa beranjak ke tahap atau cara selanjutnya. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah belajar membentuk huruf. Tak usah langsung meniru atau menyalin, anda bisa mengajarkan anak membentuk huruf dengan cara anda membuat garis-garis putus yang terhubung dan membentuk huruf.

Setelah anda membuat garis-garis putus tersebut mintalah si kecil untuk menebalkanya. Sehingga dengan begitu si kecil bisa mengenal bentuk-bentuk huruf sambil mengetahui langkah atau cara untuk membuat suatu huruf. Saat telah bisa mengerjakan tahap yang itu, anda bisa membuat conoh huruf dan meminta si kecil untuk menyalin. Sehingga dengan itu, anak bisa berlatih dengan baik dalam menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here